Jumat, 08 Februari 2013

Kelangsungan hidup organisme

Habitat adalah tempat tinggal suatu jenis organisme (makhluk hidup) atau suatu populasi untuk melakukan aktivitas yang berkaitan dengan tumbuh dan berkembang.
Adaptasi adalah kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungannya. Adaptasi dibedakan menjadi 3 yaitu:
a. Adaptasi Morfologi, yaitu adaptasi makhluk hidup atau organisme terhadap lingkungannya berdasarkan bentuk luar tubuh serta alat-alat yang dimilikinya. Contoh adaptasi morfologi adalah adaptasi bentuk paruh paruh burung, adaptasi bentuk paruh burung, dan bentuk adaptasi mulut serangga.



b. Adaptasi Fisologi (penyesuaian fungsi alat tubuh), yaitu penyesuaian fungsi organ dalam pada tubuh makhluk hidup untuk mempertahankan hidupnya dari terjadinya perubahan lingkungan. Contohnya anak rayap yang menjadi dubur induknya.
c. Adaptasi Tingkah Laku (penyesuaian tingkah laku), yaitu penyesuaian makhluk hidup terhadap lingkungannya dalam bentuk tingkah laku. Contohnya lumba-lumba yang memunculkan diri ke permukaan air untuk menghirup udara.

Seleksi Alam adalah penyaringan makhluk hidup yang dilakukan oleh alam untuk mendapatkan jenis organisme yang dapat menyesuaikan diri dengan baik terhadap lingkungannya.
Perkembang biakan merupakan salah satu cara hewan dan tumbuhan dalam melestarikan jenisnya. Makhluk hidup berkembangbiak dengan dua cara, yaitu secara vegetatif (tidak kawin) dan generatif (kawin).








Tidak ada komentar:

Posting Komentar